ADVOKESMA

“Rangkul Sahabat Kita, MIPA Sejahtera”

 

Deskripsi :

Kementerian Advokesma merupakan salah satu kementerian yang berada dalam Badan Eksekutif Mahasiswa yang bergerak di bidang advokasi dan kesejahteraan mahasiswa. Kementerian Advokesma berfungsi melakukan pendampingan dan pembelaan terkait kepentingan mahasiswa yang bersentuhan langsung dengan pihak Birokrat, Rektorat,dan Dekanat seperti UKT, beasiswa, dan lain-lain. Selain itu juga melakukan pencarian informasi mengenai beasiswa dan lowongan pekerjaan yang nantinya akan disebarluaskan ke seluruh mahasiswa FMIPA UB dengan tujuan untuk kesejahteraan mahasiswa FMIPA UB. Kementerian Advokesma terbagi menjadi dua kedirjenan, yaitu Dirjen Advokasi dan Dirjen Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) yang dipimpin oleh seorang Dirjen. Dirjen Advokasi berfungsi dalam pendampingan mahasiswa yang bersentuhan langsung dengan pihak Birokrat, Rektorat, dan Dekanat. Dirjen Kesejahteraan Mahasiswa berfungsi dalam pemberian informasi beasiswa kepada mahasiswa FMIPA UB dan membawahi program kerja yang berhubungan dengan kesejahteraan mahasiswa seperti Upgrading Bidik Misi dan Scholarship Day.

 

Program kerja :

A. Crisis Center Advokasi :

  • Tempat pengaduan mahasiswa yang mengalami kesulitan terkait akademik dan pembiayaan serta sebagai mediator dengan pihak yang berkepentingan.

B. Training Advokasi (TRIAD) :

  • Pelatihana dvokasi bagi Pengurus internal Kementerian Advokesma pada khususnya dan seluruh Pengurus BEM FMIPA UB 2018 pada umumnya.

C. Apa Kabar Mipa? :

  • Sarasehan dan diskusi antara pihak jajaran dekanat dengan LKM dan Himpunan Mahasiswa Jurusan serta masyarakat FMIPA UB.

D. Upgrading Bidik Misi :

  • Pembekalan materi pengembangan soft skill dan sharing bagi mahasiswa calon penerima Bidik Misi FMIPA UB 2018

E. Scholarship Day :

  • Mengadakan seminar danexpobeasiswa yang ada di FMIPA UB

F. Informasi Kesma :

  • Pencairan dan penyebarluasan informasi kesejahteraan mahasiswa dari Birokrat Universitas Brawijaya maupun instansi lain berupa beasiswa, lowongan pekerjaan dan lain-lain.

 

Nama Penggurus Inti :

–  Faidatun nadhiroh

–  Hermin

–  Muhammad RijalAsrosi

–  Yuda Alldiansyah Ramadhon

–  Dicky Christian Putra

–  Nia Amalia Saputra

–  Febriana Ambar wati

–  Rahmi Maharani

–  Naufal Aziz Sahputra

–  Salsabila Prasky Puspitawati