PERUBAHAN BERSINERGI
Ditulis pada tanggal 28 July 2017, oleh admin, pada kategori Berita

Berbagi Ilmu dan Bermanfaat

Salah satu program kerja dari Kementrian Sosial Masyarakat adalah Mipa Mengajar. Proker ini merupakan salah satu bentuk pengabdian warga MIPA kepada masyarakat. Mipa Mengajar tidak hanya melibatkan pengurus kementrian Sosma saja, tetapi Mipa Mengajar juga melibatkan 8 orang volunteer dari masyarakat MIPA yang bertindak sebagai pengajar. Mipa Mengajar tahun ini diadakan di SDN Toyomarto 3 yang bertempat di daerah Kebun The Wonosari Malang dan terjadwal dilakukan setiap Hari Sabtu pagi dan berakhir sebelum dzuhur. Karena SD bertempat di Kebun The yang pada hakikatnya memiliki banyak wilayah bermain anak SD, tidak jarang dan bahkan hamper setiap kegiatan Mipa Mengajar dilakukan di luar ruangan. Bisa dikatakan juga belajar di alam.

Pembelajaran pada Mipa Mengajar tidak hanya dilakukan dengan cara yang membosankan. Para pengajar seringkali menyiapkan permainan dan hadiah sederhana untuk siswanya. Hal ini membuat para siswa tidak bosan dan mengikuti pelajaran yang ada dengan senang.

Setelah pembelajaran selesai, dilakukan juga beberapa agenda yang dilakukan secara bergilir. Agenda yang dijadwalkan meliputi pendidikan karakter, Science Experiment, dan Lingkungan Hidup. Pendidikan karakter merupakan agenda yang bertujuan untuk memberikan pengertian dan penjelasan mengenai beberapa karakter yang dibutuhkan oleh anak SD. Pendidikan karakter ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan menampilkan video, permainan, dan masih banyak lagi cara lainnya. Science Experiment merupakan kegiatan yang menampilkan eksperimen sederhana seperti gunung api, roket air, dsb. Lingkungan Hidup merupakan agenda yang secara umum bertujuan untuk menanamkan jiwa pada anak-anak untuk mencintai lingkungan dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Agenda lingkungan hidup ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu membuat vertical garden, membuat pupuk kompos, bersih-bersih bersama, dsb. Dengan beberapa agenda ini, diharapkan para peserta Mipa Mengajar tidak hanya pintar dalam bidang akademik, tapi juga menguasai dalam bidang non akademik seperti peduli terhadap lingkungan, melestarikan karakter yang baik, dsb.

berikut adalah dokumentasi mipa mengajar ;

Image_67d6ec5

Image_beb9835


Back to top